Dosa seekor Tokek

Standard

unga: pi, basa inggrisnya tokek apa 😀 tucktoo bukan
happy silas: mm…ga tau yah… kurang kenal sama tokek :))
unga: hahahhah
happy silas: oatu mungkin lizard with sounds?? Hahahhahah
unga: halah
happy silas: klo ga salah sih tauke
unga: ngarang deh hahhahahahh
happy silas: karena kan emang kata toke juga diambilnya dari situ
unga: iya sih
happy silas: klo bunglon baru mereka punya….namanya lizard juga..yg berarti kadal. habisnya kadal aja banyak macemnya, buaya termasuk kadal, bunglon, tokek, cicak, komodo
happy silas: buat apaan sih nga? aneh banget deh 😀 lg ngumpulin binatang melata yah? hi2
unga: buaya termasuk cicak gak? 😀 (dodol deh xi2), semalem unga nemu tokek, tapi kok kek anak buaya
happy silas: emang..kan satu rumpun…. binatang melata.. 😀
unga: hahhahahahh

ini ceritanya

Jam berapa yagh.. stengah tiga keknya, ia jam stengah tiga bener lebih2 dikit. Seperti biasanya unga kebangun… bentar lagi subuh, dengan separo nyawa akhirnya bangun. Niatan mau pipis dan wudhu… stengah sadar ngeraba2 pintu ke kamar mandi. Pas ngebuka pintu… hiiieeee… apa nih, cicak bukan yagh..??! kok gede amat cicak.. matanya melotot lagi. Kok gede amat cicakx.. ( sekali lagi pertanyaan itu dengan dodolnya kepikir ma unga hu2 ) iih bukan cicaknya nih, anak buaya ( …bener sempet mikir kek gitu, gimana ngga masih separo sadar.. hahahhah). Tapi dia mirip banget saaama buaya… tapi kecil untuk ukuran buaya, jadi itu anak buaya.. (dodolnya kambuh..) akhirnya unga gusah2.. “Hush..hush…” Hieee… diax gak gerak2 cuman noleh dikit trus diem lagi.

My god, akhirnya unga gak jadi ke kamar mandinya.. dan duduk di depan ditv. Kebetulan atta lagi tidur di depan tv, sepertinya dia korupsi waktu ronda (semalem emg giliran atta ngaronda) dan sepertinya lagi dia pamitan mau ngambilin kopi temen-temennya tapi ngeles tidur sebentar (seperti biasanya hu2).

“Ta’…”. “Eh, kenapa…”. Refleks atta bangun. “Itu…, ada… ituuu…”. Jawab unga sambil nunjuk2 ke pintu.. “Apaa..?!”. Katanya lagi sambil bangun trus kearah tempat yang unga tunjuk2… atta ngebuka pintu, nyari2 apa yang aneh di ruangan itu trus… dia ketawa…. Trus balik tidur lagi. Yeee… pliss deh bukanx di usir, malah ketawa dan tidur lagi…

“Ta..!”. Panggil unga lagi.. “Nda papa itu tokek asal jangan diganggu.., udah sanah”. Iiieh… itu yang namanya tokek, seumur-umur baru liat yang namanya tokek.. denger suaranya sih sering. Akhirnya karena udah gak tahan pen pipis dan penasaran baru liat yang namanya tokek, unga nyari2 sendal… ttapi sendalnya ada di samping si tokek, yang ada unga cuman ngintip2 dari blakang pintu nunggu tokeknya berubah pikiran dan pergi dari situ (iih dodol banget deh..), tapi sepertinya dia gak berubah pikiran dan anteng disamping sendal2.

Huuuhhf gak tahan nih pen pipisx.. “Permisi yagh.. permisi pinjem sendalnya”. Kata unga sambil berusaha ngejangkau sandal karet terdekat. Akhirnya bisa juga ke kamar mandi. Gak berapa lama unga cuci muka “Ih.. gedenya..!!”. Suara ibu histeris dari luar kamar mandi. “Bunga bukaaa.. ibu gak tahan nih mau pipis. Ih kek gak ada kamar mandi laen ajah… Ok selesai pipis2annya. Setelah ibu ngewanti-wanti suapaya tutup pintu yang rapet, kita berdua balik ke kamar masing2…

Atta pura-pura gak denger sambil masih tidur2an di depan tv. “Ih jam tiga mi…Bu, buatkan dulu air panas… mau seduh kopi buat org2 ronda…”. “Ih gak mau ah… ada tokek..!!”. Waaah… ibu dosa.. ha2…

cek percek :

Tokek rumah

Tokek adalah nama umum untuk menyebut cecak besar. Ada beberapa jenis tokek, namun istilah tokek biasanya merujuk kepada jenis tokek rumah berikut.
Tokek rumah adalah sejenis reptil yang masuk ke dalam golongan cecak besar, suku Gekkonidae. Tokek rumah memiliki nama ilmiah Gekko gecko (Linnaeus, 1758). Dalam bahasa lain hewan ini disebut sebagai téko atau tekék (bahasa Jawa), tokék (bahasa Sunda), dan tokay gecko atau tucktoo (bahasa Inggris).

Klasifikasi ilmiah:
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Reptilia
Ordo: Squamata
Subordo: Sauria
Familia: Gekkonidae
Genus: Gekko
Spesies: G. gecko
Nama binomial : Gekko gecko (Linnaeus, 1758)

Identifikasi
Cecak yang berukuran besar, berkepala besar. Panjang total mencapai 340 mm, hampir setengahnya adalah ekornya.

Dorsal (sisi punggung) kasar, dengan banyak bintil besar-besar. Abu-abu kebiruan sampai kecoklatan, dengan bintik-bintik berwarna merah bata sampai jingga. Ventral (perut, sisi bawah tubuh) abu-abu biru keputihan atau kekuningan. Ekor membulat, dengan enam baris bintil; berbelang-belang.

Jari-jari kaki depan dan belakang dilengkapi dengan bantalan pengisap yang disebut scansor, yang terletak di sisi bawah jari. Gunanya untuk melekat pada permukaan yang licin. Maka, dari sisi atas jari-jari tokek nampak melebar.

Tokek rumah yang masih muda

Ekologi, perilaku dan penyebaran
Tokek yang kerap ditemui di pohon-pohon di pekarangan dan di rumah-rumah, terutama di pedesaan dan tepi hutan. Suara teritorialnya yang keras dan khas, gek-koo.. gek-koo…, menjadi dasar penyebutan namanya dalam berbagai bahasa.

Tokek rumah memangsa aneka serangga, cecak lainnya yang lebih kecil, tikus kecil dan mungkin juga burung kecil. Seperti bangsa cecak lainnya, tokek aktif berburu terutama di malam hari. Terkadang tokek turun pula ke tanah untuk mengejar mangsanya. Di siang hari, tokek bersembunyi di lubang-lubang kayu, lubang batu atau di sela atap rumah.

Tokek melekatkan telurnya, yang biasanya berjumlah sepasang dan saling berlekatan, di celah-celah lubang pohon; retakan batu; atau jika di rumah, di belakang almari atau di bawah atap. Tempat bertelur ini kerap pula digunakan oleh beberapa tokek secara bersama-sama. Telur menetas setelah dua bulan lebih.

Hewan ini tersebar luas mulai dari India timur, Nepal, Bangladesh, lewat Myanmar, Tiongkok selatan dan timur, Thailand, Semenanjung Malaya dan pulau-pulau di sekitarnya, Sumatra, Jawa, Borneo, Sulawesi, Lombok, Flores, Timor, Aru dan Kepulauan Filipina (Manthey & Grossmann, 1997: 232).

Peringatan

Hati-hati, tokek rumah kerap menggigit jika ditangkap. Bila dipegang, tokek otomatis akan mengangakan mulutnya; siap untuk menggigit penangkapnya. Gigitannya sangat kuat, otot-otot rahangnya seakan mengunci; sehingga muncul pemeo bahwa gigitan tokek tak akan dapat lepas kecuali jika ada petir menyambar. Anggapan yang tidak ada kebenarannya, kecuali bahwa memang betul gigitannya sukar dilepaskan.

Ada cara yang mudah untuk menipu tokek agar tak tergigit ketika memegangnya. Letakkan sesuatu yang agak lunak tetapi liat di mulutnya yang menganga, seperti sepotong ranting atau perca kain yang dilipat-lipat, yang tidak mudah putus. Tokek akan menggigitnya dengan sekuat tenaga, sehingga si penangkap aman untuk mengamati, memeriksa dan mengukur hewan itu. Tokek tak akan melepaskan barang itu selama ia masih dipegang orang; namun manakala tokek dibebaskan, ia akan segera melepaskan barang yang digigitnya dan berlari meninggalkannya.

jgn percaya 100% apa yg gw bilang,
krn gw bukan dukun
Advertisements

21 responses »

  1. dijual tokek berat 3-5ons
    hubungi zie 081365770322
    _____________
    unga : iyah makasih infonya mba ^^
    nah tuh, yg pada mau beli tokek… ayo hubungi mba zie ^^

  2. bang kalo boleh awa pingin tau itu toke harganya cukup mahal bang 20.000.000 juta 40ns kalo emang mau di jual ke awa ja bang biar awa yang nangkenya kalo sama orang lain biasanya jadi kecil.kalo boleh ni tlp awa 085882522094.ini beneran bang bukan ngomong bohong.
    _____________
    unga : blaaaahhahahahh….
    gak deh bang, lagian tokeknya dah pada kabur dari kapan tau…
    sapa tau ada yg ngeliat koment abang ini dan berniat ngubungin abang….
    seeep yeh, jadi CP abang gak usah unga sensor… goodluck!!
    eh, tapi klu boleh tau tuh tokek semua bakal di jadiin apaan bang….?

  3. klo tokek hukumnya haram apa halal yaaaa….
    trus klo kita jual, hukum uangnya bagaimana ?
    siapa yg tau jelas tolong email ke alamat Louse_sky@yahoo.com
    thanks
    _____________
    unga : hukum haram apa halal klu di apakan…?
    klu dimakan kah…. setau unga tidak diperbolehkan..
    lagian siapa juga yg mau makan tokek ha2… *merinding

  4. hahaha…
    ciieeee….ngambek nich unga?hehe..
    jangn ngambek atuh neng…
    ntar cepet tua kayak nenek grandong…hihihi…

    eh unga…btw ayat yg mana yg kmrn di suruh di benerin? ada yg salah yach?

  5. eh unga…ati2 loh ntar tokekx nongol di blakang mu…coba noleh ke blakang…ana itung sampe tiga
    1

    2

    3

    baaaaaaaaaaa….kwek kwek kwek….tokeeekkkk..tokkeeekk…. hahaahahaha

    ::::::::::::::::::::::::::::::

    ibu memanggil unga: “ungaaaaa…”
    tiba2 tokek menyahut: “tokkeeekkkk…”

    btw unga koleksi tokek yach di rumah? wah keren….peternak tokek? hebaaatt…. dikembangin ya usaha tokekx…semoga sukses. hihihi
    ntar aqu pesen yach…kirim ke rumah qu Nga….hahaha
    __________
    unga : eh gak usah pesen akh…
    bawa ajh semuanya, dengan senang hati….
    *ngelengos kesel

  6. tokek…tokek…tokek 😀
    waaaaaaaaaaah..sy juga sering dengar bunyi tokek ..tp jarang lat wujudnya …suara nya ji yg besar ..:D
    __________
    unga : ha2.. memang ituuw beraninya cuman ngomong.. haaaikkkh

  7. “tokek itu untuk bakar rokok. tokek api atau tokek gas.”
    “beh bukan…. tokek itu tidak punya duit..”

    Ha..ha..ha.., kalian berdua lucu deh.

  8. tokek itu untuk bakar rokok.
    tokek api atau tokek gas.
    __________
    unga : beh bukan…. tokek itu tidak punya duit..
    kek yang ka ra2 bilang

  9. Tokek biasanya banyak Di Jawa [ pengalaman waktu kuliah di Jogja] gede – gede lagi
    __________
    unga : gede2… salam ajh deh hahhahahh…

  10. hehehe…afwan unga just kidding …( makanya jangan maksa nyuruh bikin komenya :p )
    __________
    unga : hiiieh… dia nulis dah gt app sendiri… wah melanggar ijin nih… tangkep2

  11. Tokek bilang……
    apa salah dan dosaku ??

    iya…….deket rumah ada tuh temen yg takut bangt sama tokek…padahal bentuknya kerem loh…….hehehhe
    moga aja tokeknya betah di rumah kak unga yah…..:D
    _________
    unga : what?!… keren… betaaaah..??!! no no..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s