an-Nur : 35

Standard

an-Nur : 35

35. Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus[1039], yang di dalamnya ada Pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya)[1040], yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu.

[1039] yang dimaksud lubang yang tidak tembus (misykat) ialah suatu lobang di dinding rumah yang tidak tembus sampai kesebelahnya, Biasanya digunakan untuk tempat lampu, atau barang-barang lain.

[1040] Maksudnya: pohon zaitun itu tumbuh di puncak bukit ia dapat sinar matahari baik di waktu matahari terbit maupun di waktu matahari akan terbenam, sehingga pohonnya subur dan buahnya menghasilkan minyak yang baik.

Advertisements

4 responses »

  1. semoga cahayaNYA selalu menerangi hati kita, sehingga kita dijauhkan dari kegelapan 🙂
    __________
    unga : AMIN… InsyaALLAH mas..

  2. ..hemm.. kalo aq sih, nafsirkan-nya agak sedikit beda.. untuk “lubang tak tembus yang di dalamnya ada pelita besar”, gambaran dalam benak q sih seperti semacam black hole gitu..

    mengenai “pohon zaitun”, tidak di barat atau timur sesuatu, gambaran q sih, pohon yang dimaksud, bukan berasal atau berada di sini, tapi dari suatu tempat yg tidak mengenal atau tidak bisa ditentukan arah barat dan timur…

    gitu deh kira2…
    __________
    unga : syukran pakde….
    Cahaya berdampingan dengan cahaya, cahaya diatas cahaya.
    ALLAH menunjuki siapa yang dikehendaki-NYA kepada cahaya-Nya itu.
    Subhanallah…

  3. Lebih bagusnya, lihat tafsir ibnu katsir atau taisir karimir rohman nya syaikh as sa’di. Juga syarohnya karya Syaikh Utsaimin. kitab tafsir recomended tuk tholabul ‘ilm.
    __________
    unga : iya referensi yg bagus pak
    bneran bagus…!! *pengen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s