Warung Koffie Batavia, Cita Rasa Indonesia

Standard

Dulunya saat pertama kali dibuka, namanya adalah Koffie Warung Tinggi, lalu berganti nama menjadi Warung Koffie Batavia –Kuliner Indonesia– …

Ada sebuah tempat di Jakarta dahulu yang lekat dengan sentuhan kopi, sebuah kawasan yang disinyalir merupakan kebun kopi yang pertama kali hadir di daerah tersebut dan diambil hasilnya oleh pemerintah Hindia-belanda sebagai rempah untuk di kirim ke negerinya. Kisah lainnya menyebutkan bahwa di kawasan tersebut merupakan tempat persinggahan orang-orang; pedagang, pamerintah Hindia- Belanda dan pekerja pribumi menikmati kopi dalam pondok-pondok yang disediakan di sana. Saat ini daerah ini dikenal sebagai Pondok Kopi.

•••

Waktu menunjukan pukul setengah sebelas siang sabtu itu ketika saya berjanji memenuhi undangan bersama beberapa orang teman untuk mencicipi menu-menu yang ada dari sebuah warung yang baru buka.  Mendengar obrolan yang sudah-sudah dan cerita-cerita akan warung tersebut, katanya makanan di tempat itu enak-enak. Saya tidak terlalu memperhatikan nama warungnya apa? Yang saya tahu warung tersebut baru dan letaknya ada dalam sebuah mall yang bersebelahan dengan sebuah hotel. Ternyata itu adalah Warung Koffie Batavia!.

Warung Koffie Batavia adalah sebuah resto, rumah makan modern bertema Belanda-Indonesia yang mengangkat kuliner khas dan kopi pilihan dari Indonesia khususnya menu Batavia atau Betawi yang terinspirasi kota tersebut dan dari kopi-kopi yang tersebar di Jakarta -Batavia- bertahun yang silam. Ya, hampir semua menu yang ditawarkan merupakan masakan Indonesia, mulai dari hidangan pembuka, hidangan utama, hidangan penutup juga minumannya, terutama kopi-kopi racikannya. Kopi-kopi tersebut berasal dari biji-biji kopi penuh pesona, asli dari beberapa daerah yang ada di Indonesia yang memang memiliki biji-biji kopi terbaik, yang kemudian diolah sendiri oleh Warung Koffie Batavia kemudian disajikan dengan nikmat dalam gelas-gelas kopinya. Tak heran jika Warung Koffie Batavia memakai slogan De Brenderij Van Kwaliteitskoffie -pembuat kopi berkualitas-.

Selain kopi berkualitasnya, warung ini juga menyediakan berbagai menu masakan yang dapat kalian nikmati diantaranya ada;

Nasi Kuning 59k, Nasi Goreng kambing 55k, Nasi Goreng Kampung 53k, Bebek Goreng 60k, Nasi Uduk Warung Batavia59k, Sop Buntut 99k, Bubur Ayam Batavia 38k, Bakso Malang 45k, Gado-Gado 45k, Bakmie Warung Batavia 50k, Mie Goreng Tek-Tek 50k, Lontong Cap Go Meh 65k, Soto Betawi 70k dan Sotomie Batavia 65k sebagai hidangan berat.

Hidangan pembuka seperti; Siomay 40k, Singkong Goreng 22k, Bitterballen 35k, Martabak 68k.

Poffertjes

Hingga hidangan penutup seperti; Kue Cubit dari harga 30k – 40k, Laba-laba 30k, Tape Goreng Keju 29k, Poffertjes 33k dan Roti Bakar Coklat Keju 28k. Yummyy …

jadi kalau kalian kangen mantan kue cubit, gak perlu repot-repot buat nungguin abang-abang penjual kue cubit lewat depat rumahmu. Ohiya, ngomong-ngomong soal kue cubit, kue cubit di Warung Koffie Batavia ini bisa request tingkat kematangannya loh… Dari yang setengah matang hingga matang, kalau di Jakarta sana mungkin penggemar kue cubit lebih senang menikmati kue-kue imut nan legit ini dengan tingkat kematangan, setengah matang, berbeda dengan Makassar sepertinya penggemar kue cubit di sini lebih senang menikmati kue cubit dengan tingkat kematangan, matang. Tapi kalau penasaran, kalian dapat mencoba kue cubit setengah matang yang lumer di mulut. Hmm …

Menariknya lagi selain mengangkat tentang kuliner lokal, Warung Koffie Batavia ini juga menerapkan konsep dapur “Open Kitchen” jadi kalian bisa intip-intip cara memasak mereka. Jangan salah fokus yah, yang tadinya mau ngintip cara masak malah ngintipin yang masak XD.

Nah, sudah tahu mau kemana akhir pekan ini bersama teman dan keluarga? Jangan salah yah, Warung Koffie Batavia sudah menunggu kalian.

Pertengahan April 2017 kemarin Warung Koffie Batavia hadir di Makassar, satu outlet pertama mereka untuk Indonesia bagian timur, tepatnya di UG floor Mall Phinisi Point Makassar, sebuah Mall yang terintegrasi dengan hotel bintang 5 –The Rinra- setelah sebelumnya menghadirkan 7 outlet lainnya yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Yihuuuiii … gak perlu jauh-jauh lagi nyari kopi yang lumayan enak ditemani dengan Poffertjesdutch mini pancake– atau kue cubit dengan toping meises coklat nih!.

 

Advertisements

2 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s