Nestle LACTOGROW Happy Wonderland Makassar

Standard

“Kebahagiaan keluarga terbukti berperan penting dalam pembentukan karakter tumbuh dan kembang anak…”. Begitu tutur Gusti Kattani Maulani selaku brand manager Nestle Lactogrow membuka acara pagi itu, 5 Agustus 2017 di BonCafe jalan AP. Pettarani, Makassar. Pagi yang sangat cerah dan ceria, apalagi dengan warna biru mendominasi ruangan Boncafe untuk Nestle Lactogrow Happy Wonderland yang menambah semangat untuk terus duduk mengikuti jalannya acara hingga berakhir.

Sebagai  wujud komitmennya untuk terus membantu tumbuh kembang optimal anak, Nestle Lactogrow kembali menghadirkan rangkaian Happy Date yang bertujuan untuk mendorong kebahagiaan keluarga dengan memfasilitasi ayah, ibu dan anak untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama setelah sebelumnya sukses menggelar acara yang sama di beberapa kota di Indonesia seperti Solo, Jakarta, Banjarmasih, Lampung, Pekanbaru, Bekasi, Manado dan Malang.

Dalam merancang Happy Wonderland, dengan bangga Nestle Indonesia  melibatkan psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi., Psi., ACC, ahli gizi medik DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc. serta bintang tamu Fachri Albar dan keluarga yang membuat acara semakin menarik sehingga seluruh kegiatan yang terdapat di dalamnya tidak hanya bersifat edukatif namun juga membantu membangun ikatan yang kuat antara orang tua dan anak.

Waktu yang berkualitas oleh Psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi., Psi., ACC

Waktu keluarga yang berkualitas adalah waktu yang dihabiskan dengan memberikan perhatian penuh tanpa gangguan. Dengan  menghabiskan waktu bersama keluarga, anak dapat belajar tentang makna dan nilai keluarga serta lebih mengenal siapa dirinya. Sebab anak yang merasakan waktu berkualitas bersama keluarga dapat tumbuh menjadi anak yang penuh kasih sayang, menyenangkan, ramah, adaptif, dan mudah berteman.

Catet yah mak… “Memberikan perhatian penuh tanpa gangguan,” misalnya masih khusyuk maenan handphone padahal lagi nemenin anak. Jujur deh, handphone emang gangguan terberat untuk hubungan orang tua dan anak ibarat perangko yang nempel terus dan seperti ingus yang sama lengketnya kayak perangko walaupun dikibas-kibas tetep ajah nempel –perumpamaan yang aneh XD- pokoknya jangan ada handphone diantara kita jika benar-benar ingin membangun waktu yang berkualitas tadi, sebagai salah satu bagian dari pola pengasuhan yang telah terbukti memiliki efek yang signifikan terhadap perilaku sosial dan emosional serta perkembangan kognitif anak.

Selain itu Elizabeth juga memaparkan langkah yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk menciptakan waktu keluarga yang berkualitas dengan menerapkan Bahasa Kasih Anak (Love Languages of Children) yang terdiri dari:

  1. Afirmasi (menyampaikan kata-kata yang memotivasi atau mendukung).
  2. Waktu berkualitas (menjadi pendengar yang baik bagi anak, menjaga kontak mata).
  3. Sentuhan fisik (pelukan, belaian, dan lain-lain).
  4. Memberikan apresiasi (mengeksperikan kasih sayang melalui hadiah).
  5. Melayani atau membantu (membantu si kecil dalam melakukan suatu kegiatan).

Dengan mengaplikasikan 5 Bahasa Kasih Anak pada saat bermain, diharapkan anak akan merasa lebih dicintai dan bahagia, karenanya apabila anak tumbuh bahagia maka orang tua tentu juga akan merasakan kebahagiaan yang dipancarkan oleh anak.

Kesehatan saluran cerna oleh Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc

Selain waktu yang berkualitas, kesehatan saluran cerna juga memainkan peranan penting dalam kebahagiaan dan tumbuh kembang anak. Saluran cerna yang sehat dapat mempengaruhi kualitas penyerapan zat gizi dari makanan, kecerdasan otak, dan sistem imunitas. Salah satu cirri pencernaan yang sehat adalah adanya keseimbangan kimunitas mikrobiota baik pada usus. Bila komposisi mikrobiota saluran cerna anak dalam keadaan seimbang, maka akan terjadi komunikasi timbal-balik antara saluran cerna dengan otak yang mengatur fungsi kognisi, perilaku dan karakter anak. dr. Tati juga berbagi kiat-kiat menjaga kesehatan saluran cerna agar anak dapat bermain dengan ceria, yaitu dengan pemenuhan nutrisi berupa bakteri baik seperti lactobacillus reuteri, serta zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral pada anak.

Tips mewujudkan waktu berkualiatas oleh bintang tamu Fachri Albar dan keluarga

Bintang tamu Fachri Albar sebagai aktor yang memiliki jadwal padat memberikan tips untuk para orang tua dalam mendampingi buah hati. Fachri Albar dan sang istri Renata Kuswanto mengatakan bahwa mereka sama seperti orang tua lainnya, tentu menginginkan kebahagian untuk anak-anak walau terkadang terlupa bahwa kebahagiaan dapat diciptakan dari hal-hal sederhana, sesederhana menghabiskan waktu bersama. Dengan mendampingi dan memahami Bahasa Kasih Anak serta mempelajari langkah-langkah penting untuk mendukung tumbuh kembang optimal anak, seperti pentingnya saluran cerna yang sehat dapat mereka terapkan dalam interaksi sehari-hari di rumah.

Acara pagi itu pun ditutup dengan dibukanya sesi tanya jawab interaktif antara para undangan dan tim, pembicara serta bintang tamu dalam Nestle Lactogrow Happy Wonderland. Dan setelah makan siang bersama kami bersiap menuju Mall Panakukkang Makassar untuk bermain bersama di Nestle Lactogrow Happy Wonderland yaiiiy…!

Happy Wonderland adalah tema yang dipilih oleh Nestle Lactogrow kali ini untuk arena kegiatan edukatif dan interaktif yang penuh dengan imajinasi. Acara ini berlangsung selama 2 hari, 5-6 Agustus di Atrium Mall Panakukkang Makassar. Ada 4 wahana spesial yang disajikan 2 hari itu, diantaranya:

Happy Tummy Journey, permainan halan-rintang yang mengajak anak untuk mengenal saluran cerna yang sehat. Di wahana ini anak diajak untuk memilih bola-bola ceria untuk dimasukkan dalam gentong-gentong yang telah disediakan dengan benar, selain itu di sini anak dilatih untuk dapat focus dan merangsang motorik dengan melempar bola-bola ceria tepat pada sasaran.

Magical Art, layar interaktif berukuran besar yang akan mengajak anak untuk berimajinasi menjelajahi dunia wonderland. Dalam wahana ini anak-anak akan diberikan gambar-gambar menarik dan lucu untuk diwarnai, kemudian hasilnya dapat discan dan muncul di dalam layar interkatif; gambar-gambar tadi menjadi hidup dan mengeluarkan suara ketika disentuh.

Carousel Craft, aktifitas kerajinan tangan yang mengajak orang tua dan anak untuk saling membantu dan bekerja sama. Disini anak akan diberikan bagian-bagian paper toy untuk kemudian dirangkai menjadi sebuah carousel. Kegiatan ini sangat menyenangkan sekali sebab hasil buatan anak dapat dibawa pulang yang sebelumnya dimasukan dalam kotak cantik.

Fantasy box, area photo booth bertemakan wonderland. Setelah puas bermain di semua wahana, anak-anak dapat mengabadikan kecerian mereka dalam photo box bersama ayah dan ibu untuk dijadikan kenang-kenangan.

Bahagia sekali rasanya dapat bergabung dalam Nestle Lactogrow Happy Wonderland kali ini. Untuk para orang tua jangan lewatkan Nestle Happy Wonderland yang akan mampir di kotamu, Surabaya 16-17 September dan Medan 30 September – 1 Oktober.

Happy Tummy, Happy Kids!

 

Advertisements

5 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s